Lincang Macan

Lincang Macan
"Scally-breasted Bulbul"
Pycnonotus squamatus

photo ©kampang
pic source: avibase.bsc-eoc.org
Lincang Macan (Pycnonotus squamatus, Temminck, 1828) atau "Scaly-breasted Bulbul", salah satu burung lokal Indonesia, dari keluarga Pycnonotidae dan genus Pycnonotus. Masih kerabat dengan Kutilang, Terucuk dan sejenisnya. Burung ini adalah burung asli Asia Tenggara, karena ditemukan di sejumlah wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia (Sumatra, Jawa dan Kalimantan), Brunei, Malaysia, Burma dan Thailand. Walaupun burung ini juga terdapat di pulau Jawa, tapi burung ini hampir tidak dikenal sama sekali. Sedangkan di Kalimantan burung ini dikenal dengan nama Lincang Macan, ada juga yang menyebutnya sebagai Lincang Batik. Sekilas penampilan burung ini mirip dengan Cucak Kerinci (Pycnonotus leucogrammicus) dari Sumatra.

Lincang Macan berhabitat di hutan dataran rendah tropis dan subtropis, yang saat ini habitatnya di Indonesia semakin terancam dengan penggundulan hutan di berbagai tempat. Memiliki ukuran tubuh sedang, lebih kecil sedikit dari ukuran burung Kutilang dan Trucuk, Kepala bagian atas berwarna hitam, dagu dan leher depan berwarna putih. Bagian dada terdapat bercak atau bintik-bintik hitam. Pada bagian perut berwarna putih dan pantat berwarna kuning. Punggung dan sayap berwarna kuning kehijauan, sedangkan ekor berwarna hitam.

Lincang Macan terdiri dari beberapa subspecies:
  • Pycnonotus squamatus squamatus: Jawa Barat dan Tengah
  • Pycnonotus squamatus webberi: Burma Selatan, Thailand, Malaysia sampai ke Sumatra
  • Pycnonotus squamatus borneensis: Kalimantan

Di habitatnya Lincang Macan menyantap buah-buahan kecil hutan, apabila ketersediaan buah-buahan semakin sulit didapat, maka burung ini akan memakan serangga kecil dan ulat di dahan-dahan pohon atau dibalik daun-daun pohon.
Suara kicauan tidak berbeda jauh dengan keluarga Pycnonotidae lainnya seperti Lincang Kuning, Kutilang dan lain-lain. Mungkin bagi penggemar burung kicauan suara Lincang Macan tidak terlalu istimewa, karena terdengar monoton, "ti tri tit tri tit" saja.

Gallery

Lincang Macan

pic source: ibc.lynxeds.com



No comments:

Post a Comment