Tledekan Laut Zappey

Satu lagi keluarga Tledekan Laut, yaitu Zappey's Flycatcher (Cyanoptila cumatilis Thayer & Bangs, 1909) dari keluarga Muscicapidae dan genus Cyanoptila. Tledekan Laut yang satu ini agak berbeda dengan Tledekan Laut yang umum dikenal di pulau Jawa (Cyanoptila cyanomelana).
Tledekan Laut Zappey, di Indonesia dikenal sebagai Tledekan Laut Kalimantan, sebenarnya adalah burung asli daerah Timurlaut China, ditemukan juga di Rusia, Korea Utara dan wilayah Asia Tenggara. Dari penuturan para pemerhati burung di Indonesia, disebutkan bahwa burung ini juga sering ditemukan di pulau Kalimantan dan Pahang Malaysia.

Di pulau Kalimantan burung ini juga disebut sebagai Tledekan Laut, walaupun secara fisik terdapat perbedaan dengan Tledekan Laut yang umum dikenal di pulau Jawa, terutama warna birunya yang lebih muda dan ukuran tubuh lebih kecil, seukuran dengan Tledekan biasa (Sulingan). Burung Tledekan Laut Zappey betina pada bagian kepala berwarna cream abu-abu, pada sayap biru kusam dan pada bagian perut berwarna putih kusam.

Suara kicauan Tledekan Laut Zappey tidak terlalu keras, tapi tetap mampu mengalunkan kicauan yang merdu dan bervariasi. Di habitatnya burung ini menyantap serangga kecil dan ulat di dahan dan daun-daun pohon, sesekali menyambar serangga di permukaan tanah. Menyukai tempat-tempat teduh pada siang hari.
Dilihat dari karakter burung ini mungkin tidak berbeda jauh dengan sepupunya Tledekan Laut (Cyanoptila cyanomelana), tentunya dalam pemeliharaannya juga tidak jauh berbeda.

No comments:

Post a Comment