Tledekan Laut

Tledekan Laut (Cyanoptila cyanomelana, Temminck, 1829) atau "Blue-and-white Flycatcher", adalah burung pengicau berukuran kecil-sedang, dari keluarga Muscicapidae, genus Cyanoptila. Di Indonesia burung ini lebih dikenal dengan nama "Tledekan Laut", pada beberapa penulisan menyebut burung ini dengan nama burung "Sikatan Biru-putih". Kerabat terdekat Tledekan Laut adalah "Zappey Flycatcher" (Cyanoptila cumatilis).

Burung Tledekan Laut adalah burung asli benua Asia, dan pada saat melakukan perkawinan biasanya burung ini bermigrasi ke Jepang, Korea, Sri Lanka sampai ke Asia Tenggara. Oleh karena itu lah burung ini sering ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Filipina dan Indonesia.
Tledekan Laut berhabitat di hutan primer dan hutan sekunder pada ketinggian 1.400 m dpl. Makanan favoritnya adalah serangga kecil, ketika serangga sulit didapat burung ini akan melahap buah-buahan kecil hutan.

Tledekan Laut memiliki suara yang merdu dan keras melengking serta memiliki banyak variasi. Sehingga burung ini selalu menjadi incaran para penggemar burung di Indonesia. Harga jualnya termasuk tinggi, apalagi kalau burung sudah jinak dan rajin berkicau harga jualnya tentu semakin tinggi nilainya.
Apabila di pelihara di sangkar, burung Tledekan Laut mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Dengan perawatan yang baik, maka burung ini tentunya akan rajin berkicau.

Gallery



pic 2

Author: p.supat
pic source: ibc.lynxeds.com

pic 3

pic source: wikipedia.org



pic 4
(Tledekan Laut betina)

pic source: wikipedia.org





source:

~ http://gobemouche70.skyrock.com 
~ http://ibc.lynxeds.com
~ http://en.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment